Mengenal Lebih Jauh Tentang Kantor Modern

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kantor Modern

Sewa Kantor Jakarta – Tidak jarang masing-masing kali mendengar ucapan perkantoran modern terbayang sebuah bangunan kantor yang megah, bahkan gedung pencakar langit. Perkantoran modern pun sering digambarkan sebagai kantor yang segala kegiatannya serba dikomputerkan (computerized). Perubahan besar memang telah terjadi dalam lingkungan perkantoran. Geoffry Mills dkk (1990) menegaskan dalam bukunya “Modern Office Management” bahwa teknologi baru terus merasakan kemajuan, terutama dalam bidang “komunikasi dan pengelolaan data” (alih bahasa oleh F.X. Budiyanto, 1991).

Tahap pertumbuhan sistem informasi manajemen (SIM) di sebagian besar instansi pemerintah kita ketika ini tampaknya sampai pada etape SIM dengan sokongan pemrosesan data elektronik (electronic data processing, computer). Di satu pihak tahapan ini untuk sebagian instansi sedang mengarah ke atau mungkin sudah hingga pada etape berikutnya, yakni tahapan SIM menurut komputer (Computer based system). Namun, di lain pihak fakta masih tidak sedikit kantor-kantor pemerintah kita belum masuk ke tahap sokongan komputer, khususnya di kotakota kecil atau di daerah-daerah terpencil. Berbagai keuntungan bisa diperoleh bilamana seluruh kegiatan dilakukan dengan sistem komputer, terutama keuntungan dalam urusan kecepatan, kecermatan, keterhandalan, keterkinian

komunikasi dan pemrosesan data. Namun, dari berbagai pertimbangan, pasti saya tidak mesti mengembangkan ke arah modernisasi perkantoran dilaksanakan secara serentak atau simultan. Biaya tidak jarang adalahsalah satu pertimbangan dalam hal modernisiasi perkantoran. Oleh sebab dalam urusan modernisasi ini lebih sering dilaksanakan per modul (“modularity’).

Namun, kantor canggih perlu memperhitungkan kemungkinan gangguan terhadap sistem yang digunakan. Kerusakan salah satu alat sebagai di antara komponen, atau kekeliruan yang terjadi pada di antara sub-sistem bakal mengganggu sistem secara keseluruhan. Kesalahan memilih file induk dalam memasukkan data guna disimpan, bakal menyulitkan penemuannya kembali pada ketika diperlukan. Apabila data tersebut dibutuhkan sebagai bahan pemungutan keputusan, maka keputusan bakal terganggu, atau keputusan tidak sempurna. Dampak selanjutnya mudah diperkirakan. Semakin canggih suatu kantor, sifat dan jangkauan kegiatannya semakin mengglobal. Sehubungan dengan itu, semakin modernsuatu kantor semakin tidak sedikit informasi yang bisa diakses, semakin besar pula kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi atau instansinya.

 

Comments are closed.